Tips Menjaga Tulang Dan Tubuh Agar Tetap Sehat Saat Usia Tua

Seiring bertambahnya usia, semua orang pasti memiliki harapan agar tubuh dan tulangnya tetap sehat. Jika tubuh sehat dan tulang kuat maka resiko terkena nyeri sendi, nyeri tulang kering, sendir berderit, rematik, tulang keropos dan lainnya akan semakin kecil.

Tentunya ada upaya yang dapat kita lakukan dalam mencegah hal tersebut terjadi saat anda berusia tua. Para ahli menyarankan anda agar memperbaiki kebiasaan yang dapat membuat muskuloskeletal anda rusak.

Semakin dini anda melakukannya tentunya akan semakin besar peluang anda bebas dari rasa sakit pada usia tua mendatang. Hal yang disarankan pun sebagai berikut.

  • Memperkuat Tulang

Tubuh manusia itu tediri dari 206 tulang, para ahli menyarankan agar lebih berhati hati terutama pada wanita.

Karena wanita cenderung mempunyai kepadatan tulang yang lebih rendah daripada laki-laki. Saat memasuki fase menopause pun penurunannya dapat sangat drastis karena berkurangnya estrogen yang merupakan faktor utama dalam memproduksi sel tulang.

Salah satu mengatasi hal tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D serta kalsium yang sangat penting dalam memperkuat jaringan tulang kita.

Salmon merupakan salah satu sumber terbaik yang memiliki kalsium dan vitamin D. Langkah penting yang lainnya anda dapat melakukan olahraga tahan beban, berlari, berjalan, ataupun latihan kekuatan. Latihan ini pun bertujuan agar memberikan kekuatan kekuatan tulang serta merangsang untuk menghasilkan sel baru.

  • Percaya Pada Terapi Fisik

Saat nyeri muskuliskeletal terjadi, maka anda tentunya akan hanya diberikan pilihan antara obat obatan, terapi fisik, dan operasi. Banyak ahli ortopedi yang merekomendasikan agar anda memilih terapi fisik dahulu.

Terapi fisik juga dapat membantu anda memperkuat area yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi anda serta memperbaiki hal yang tidak seimbang. Bahkan terapi ini juga mampu membantu membangun ketahanan anda.

  • Duduklah Dengan Benar

Banyak orang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk. Terutama para pekerja kantoran. Duduk dalam posisi yang buruk dapat menyebabkan banyak otot mengencang, ligamen, serta persendian anda dan sering menyebabkan rasa nyeri pada seseorang.

Untuk mengelolanya pun janganlah mencoba postur 90 derajat, contoh lutut, pinggul, siku ditekuk hingga 90 derajat. Sebenarnya belum ada bukti kuat yang menunjukkan posisi tersebut ada posisi yang terbaik, para ahli hanya menyarankan agar bersandar sedikit di kursi sehingga pinggul anda pun ditekuk 90 derajat lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *