Pola makan yang dapat mengurangi stres

Selama ini sering kali hubungan dengan orang terdekat, sekolah, pekerjaan yang sering dikaitkan dengan penyebab stres, namun masih ada faktor lain yang mesti diperhatikan. Pada saat kalian sedang stres, coba diperhatikan apa yang sudah jarang atau sering diperhatikan pada belakangan ini. Dikarenakan ada beberapa pola makan kalian yang membuat kalian menjadi stres. Kalian tidak perlu khawatir, dengan disiplin dengan menjaga pola makan akan mengurangi rasa stres yang menghampiri kalian, sehingga dapat memiliki pikiran yang lebih bahagia.

Apa yang kalian minum dan makan setiap hari juga dapat mempengaruhi suasana hati yang turun ataupun naik. Berikut ini merupakan pola makan yang perlu anda coba untuk mengurangi stres yang datang :

1. Makan sumber karbohidrat kompleks

Pada saat stres datang, umumnya tubuh yang melepaskan banyak melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang berfungsi untuk keadaan tubuh seperti ini. Namun dengan kadar zat serotonin yang memiliki fungsi untuk memperbaiki suasana hati menjadi menurun.

Untuk dapat mengembalikan suasana hati yang menurun, kalian sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan asupan karbohidrat ketika makan. Contohnya seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ataupun roti gandum. Seperti yang dilansir dari studi Journal of Nutrition and Food Sciences menyampaikan bahwa konsumsi makanan memiliki sumber karbohidrat kompleks akan bisa membantu dalam produksi lebih banyak kadar zat serotonin.

2. Kurangi asupan lemak

Bila kalian akhir-akhir ini terlalu sering konsumsi makanan yang berlemak, kalian perlu coba menguranginya bila perlu kalian hentikan agar stres kalian tidak semakin parah. Seperti hasil penelitian Psychiatric Clinics of North America telah mencoba membandingkan tingkat stres pada hewan yang konsumsi makanan tinggi lemak dan makanan yang biasa.

Hasilnya yang memperlihatkan bahwa hewan yang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang, membuat tidak adanya peningkatan pada kadar hormon glukokorikoid. Sementara dengan hewan yang diberikan makanan yang tinggi lemak membuat hipotalamus otak memproduksi hormon glukokortikoid yang lebih tinggi.

Glukorkortikoid merupakan kelompok dari hormon steroid, yang mempunyai peran untuk mendukung metebolisme pada tubuh. Namun dengan Glukorkortikoid yang terlalu tinggi memiliki tanda bahwa kalian mengalami stres akut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *