Penyebab Lidah Slip Atau Keceplosan Saat Bicara


Tergelincir atau terpelesetnya lidah bisa terjadi pada siapa saja. Anda mungkin secara tidak sadar mengucapkan kata yang salah atau menelepon seseorang tanpa menyadarinya. Slip ini terjadi secara tidak sadar. Namun, otak Anda meminta Anda untuk mengatakannya.

Salah langkah hanya bisa menjadi lelucon. Sayangnya, terpelesetnya lidah terkadang bisa menimbulkan masalah. Anda mungkin salah menyebut pasangan Anda dengan nama mantan atau orang tua yang memanggil satu anak dengan yang lain. Jadi bagaimana otak bekerja ketika Anda secara tidak sadar mengatakan hal-hal yang salah?

Slip lidah mengungkapkan pikiran bawah sadar seseorang

Sigmund Freud memperkenalkan slip atau slip Freudian pada tahun 1901 dalam sebuah buku berjudul The Psychopathology of Everyday Life. Kondisi ini lebih sering dikaitkan dengan ucapan seseorang. Namun, kesalahan ini juga dapat terjadi saat menulis.

Kesalahan yang terjadi bisa karena alam bawah sadar sebenarnya ingin mengungkapkan sesuatu, tapi tidak bisa mengatakannya. Beberapa keinginan tampaknya sengaja dihapus atau dikubur dari otak Anda sehingga tidak dapat diungkapkan. Slippage ini sebenarnya membantu seseorang untuk keluar dari hal-hal yang ditahan.

Psychology Today mencatat bahwa seseorang dapat membuat satu atau dua kesalahan ejaan untuk setiap 1000 kata. Kesalahan dapat terjadi setiap tujuh menit sekali, kecepatan berbicara adalah 150 kata per menit. Dengan rata-rata ini, seseorang dapat menemukan 7-22 kata yang salah eja per hari. Slip ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Berikut ini adalah contoh terpeleset yang dapat terjadi pada seseorang:

Sengaja melupakan suatu kata

Anda lupa tentang peristiwa memalukan, menakutkan dan menyakitkan dalam hidup Anda. Anda dapat melupakan nama seseorang karena mereka menyakiti Anda. Jika seseorang datang dengan nama yang sama dengan orang itu, akan sangat sulit bagi Anda untuk mengingat nama tersebut.

Sangat menginginkan sesuatu

Jika Anda didorong oleh keinginan, Anda cenderung melupakan hal-hal lain. Misalnya, jika Anda benar-benar ingin makan nasi goreng, Anda akan memikirkan makanan itu sepanjang waktu. Ketika tiba saatnya untuk makan, Anda pikir Anda bisa makan nasi goreng, bahkan jika Anda tidak memilikinya. Kemudian nasi goreng dengan makanan.

Penyebab terpeleset lidah yang sering terjadi

Tergelincir lidah bisa terjadi jika Anda tidak fokus. Berikut adalah beberapa penyebab kesalahan ejaan:

Secara tidak sengaja

Anda pasti sudah mengetahui ribuan kata dan sering menggunakannya. Apa yang bisa terjadi adalah Anda mengucapkan kata yang sama atau mencampuradukkan dua kata yang seharusnya tidak Anda ucapkan. Saat Anda melakukan ini, Anda mungkin memperhatikan bahwa kata-katanya berbeda. Namun, otak Anda bereaksi terhadap kesamaan suara dan menggabungkannya.

Kekuatan Sugesti

Jika Anda mencoba untuk tidak mengatakannya, bahkan sebuah kata mungkin keluar tanpa Anda sadari. Anda yang benar-benar berusaha melupakan nama mantan Anda mungkin akan kembali kepadanya jika Anda mengetahui sesuatu tentang dia. Ini seperti meminta orang untuk tenang, tapi itu hanya membuat mereka tegang.