Mencegah terjadinya kebotakan dini

Kebotakan dini bagi pria pada saat ini sudah semakin sering terjadi. Seperti yang dilansir dari U.S. National Library of Medicine, bahwa ada lebih dari sekitar 50% pada pria yang berumur sekitar 50 tahun mungkin cepat lambatnya akan bisa mengalami kebotakan. Akan tetapi juga cukup banyak pria yang bisa mengalami kebotakan dari umur mereka yang baru saja berusia 21. Apa saja yang bisa jadi penyebabnya dan juga bagaimana cara untuk bisa mengatasi hal tersebut?

Pada setiap harinya seseorang akan bisa kehilangan hingga sekitar 100 helai rambut. Namun hal tersebut sebenarnya masih normal, dan tidak akan bisa sebabkan kebotakan dini selama masih ada rambut baru yang tubuh dengan bersamaan. Kebotakan dini bagi pria bisa terjadi pada saat terjadinya siklus yang ketidakseimbangan.

Mayoclinic yang telah tuliskan bahwa ada beberapa faktor yang bisa sebabkan kebotakan dini bagi pria:

Kondisi medis tertentu

Kebotakan dini kemungkinan bisa terjadi diakibatkan oleh efek samping obat-obatan bagi penyakit tekanan darah tinggi, rematik, gangguan jantung, depresi atau juga kanker. Radiasi yang diakibatkan oleh stres, terapi yang dijalankan, gaya rambut yang bisa merusak rambut.

Kebotakan dini disebabkan adanya perubahan hormon

Disebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kebotakan dini bagi pria ada hubungan antara hormon androgen. Hormon yang satu ini mempunyai banyak fungsi selain dapat membantu untuk pertumbuhan rambut, yakni seperti sebagai salah satu hormon seks bagi pria.

Kebotakan dini disebabkan dari keturunan ( riwayat keluarga )

Kebotakan dini juga bisa dikarenakan adanya faktor dari keturunan adalah kasus yang sering ditemukan. Dengan kerontokan rambut pada kepala disebabkan dari riwayat keluarga tersebut biasanya akan terlihat ketika umur yang telah masuk ke usia lanjut.

Umumnya orang akan mulai untuk memperdulikan kesehatan rambut mereka ketika telah adanya keluhan. Pada kasus tersebut merupakan kebotakan dini. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk kebotakan tidak semakin parah:

Transplantasi rambut

Transplantasi rambut merupakan salah satu cara yang populer agar bisa mengatasi kebotakan. Pada Transplantasi rambut ada dua prosedur yang cukup sering digunakan, seperti Follicular unit extraction dan Follicular unit transplantation.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *