Kondisi medis yang berbahaya diakibatkan naik pada asam lambung

Asam lambung yang naik sering kali disebut sebagai salah satu penyebab dari penyakit GERD dan maag. Faktanya, hal tersebut tidak selalu mengarah terhadap kondisi yang cukup serius. Namun, bila telah kronis atau berlangsung dengan waktu yang lama, kemungkinan saja dengan naiknya asam lambung akan dapat timbulkan risiko buruk untuk kesehatan.

Kenaikan pada asam lambung merupakan naiknya atau aliran balik asam lambung, dari sistem pencernaan kalian ke esofagus (kerongkongan). Kondisi tersebut sering disebut dengan refluks asam lambung, yang umumnya dikaitkan dengan penyakit maag dan GERD. Kerongkongan merupakan tabung panjang berongga dari tenggorokan hingga ke perut. Fungsi dari kerongkongan yaitu sebagai tempat mengalirnya makanan yang masuk dari mulut, yang akan membawa ke sistem pencernaan. Pada saat asam lambung naik, umumnya kalian akan rasakan sensasi yang panas seperti terbakar pada kerongkongan dan tengah dada. Pada bagian belakang mulut kalian umumnya akan merasakan seperti kesemutan, terutama ketika konsumsi makanan porsi besar dan makanan pedas.

Berikut ini mungkin merupakan beberapa masalah yang bisa muncul bila asam lambung telah berlangsung lama serta tidak tangani dengan baik:

1. Kanker kerongkongan atau esofagus

Kanker kerongkongan atau disebut juga esofagus merupakan jenis kanker yang menyerang pada kerongkongan. Awal mulanya kemunculan pada kanker kerongkongan umumnya akan diawali drai sel-sel yang akan lapisi bagian kerongkongan. Bukan hanya pada bagian tertentu, namun kanker kerongkongan dapat terjangkit ke semua bagian kerongkongan. Pada saat kalian mempunyai refluks asam lambung yang kronis merupakan salah satu alasan terkuat penyebab terjadinya kanker kerongkongan yang sangat bahaya.

Dengan peningkatan pada asam lambung yang telah berkembang menjadi barret esophagus. Pada hal tersebut, risiko kalian terjangkit penyakit kanker kerongkongan akan semakin tinggi.

2. Barret esophagus

Barret esophagus merupakan kondisi dimana saat sel di lapisan kerongkongan telah rusak yang disebabkan naiknya asam lambung yang berlangsung cukup lama. Sehingga membuat lapisan pada kerongkongan rusak yang berubah menyerupai sel yang lapisi dinding pada sistem pencernaan. Barret esophagus yang tidak akan terjadi begitu saja, dengan kalian mengalami asam lambung dengan waktu yang lama akan bisa bisa membuka peluang yang lebih besar munculnya barret esophagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *