Jenis makanan yang baik bagi penderita asam urat

Bila asam urat kalian sangat tinggi, pada biasanya dokter akan sarankan kepada kalian agar dapat memilih makanan yang kalian konsumsi dengan bijak. Sebab makanan tertentu yang kalian konsumsi setiap harinya yang tinggi purin, contohnya seperti daging berlemak dan jeroan hewan yang dapat membuat gejala asam urat yang kan kambuh pada suatu saat. Sehingga cukup banyak pantangan bagi penderita asam urat.

Penyakit asam urat merupakan peradangan pada sendiri yang disebabkan oleh kadar asam urat atau uric acid yang sangat tinggi pada darah. Dengan kelebihan carian pada asam urat didalam darah. Dengan kelebihannya cairan dalam darah yang lama kelamaan akan bisa berkumpul dan juga mengeras pada persendian, yang bisa sebabkan nyeri sendi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang baik bagi penderita asam urat:

1. Gandum utuh

Jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat komplek seperti gandum utuh yang sangat disarankan bagi orang yang penderita asam urat. Jenis makanan yang satu ini diketahui dapat menurunkan asam urat sebab mempunyai kandungan purin yang rendah.

Asupan dari karbohidrat kompleksnya bisa didapatkan dari sereal gandum, roti gandum, pasta gandum dan nasi merah.

Akan tetapi, kalian juga harus perhatikan berapa banyak porsi yang harus dikonsumsi. Sebab jika kebanyakan, kadar gula kalian bisa saja meningkat tinggi. Dengan naiknya gula darah yang bisa sebabkan kalian mengalami gula darah tinggi, yakni diabetes.

2. Biji-bijian atau whole grain

Sama seperti kacang-kacangan, whole grain atau biji-bijian adalah makanan yang tinggi dengan lemak tak jenuh yang bagus bagi penderita asam urat. Biji-bijian utuh masuk ke dalam makanan yang memiliki rendah purin akan tetapi tinggi akan antioksidannya yang bisa menjadi sebagai penurun asam urat.

Seperti yang infokan dari Arthritis Foundation, biji-bijian utuh seperti biji chia dan biji rami mempunyai kandungan asam alfa linoleat yang bisa melawan peradangan pada persendian kalian.

Dengan hal tersebut dipercaya dapat membantu untuk redakan dan pencegahan terhadap asam urat agar sewaktu-waktu tidak kambuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *