Gerakan pemanasan agar tidak kram pada saat berenang

Bagi seseorang yang gemar dengan olahraga berenang, kram pada bagian kaki dan perut mungkin saja sering terjadi, apabila bagi orang yang masih pemula. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, dimana ada beberapa cara pemanasan agar bisa mencegah terjadinya kram ketika berenang.

Kram otot merupakan dimana kondisi otot yang mengencang sampai timbulkan rasa sakit yang tiba-tiba. Kondisi tersebut bisa terjadi pada beberapa area seperti pada betis, kaki, hingga perut.

Penggunaan tenaga otot yang berlebihan merupakan salah satu penyebab kram otot pada saat melakukan olahraga, seperti ketika kita berenang.

Pada umumnya, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kalian tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga air ini. contohnya seperti peregangan, agar otot belum bersiap untuk kita gunakan pada saat olahraga.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kram ketika kalian berenang seperti otot tegang, kurangnya pemanasan, dan juga kehilangan elektrolit.

Meskipun kondisi tersebut sering terjadi pada siapa saja, kram saat berenang tetap saja akan bisa menghambat kalian pada saat berenang dan membuat kalian merasa tidak nyamanan.

Sering minum air putih merupakan salah satu hal yang sangat penting agar kalian tidak mengalami rasa kram pada saat melakukan olahraga air ini. Hal tersebut untuk tubuh bisa terlatih sesudah ataupun sebelum latihan renang.

Berikut ini merupakan beberapa gerakan pemanasan yang bisa kalian lakukan untuk meregangkan otot kalian. Gerakan tersebut bisa kalian lakukan 2 menit sebelum kalian berenang.

1. Plantar fascia stretch

Melakukan peregangan yang biasanya dibantu dengan dinding atau anak tangga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kram ketika berenang.

– Cobalah kalian untuk menekuk kedua lutut sampai telapak kaki depan kalian menjadi lebih kencang.

– Coba untuk berdiri menggunakan satu kaki didepan dan letakkan jari kaki kalian pada dinding atau anak tangga.

2. Gastrocnemius stretch

Gastrocnemius stretch merupakan gerakan pereganggan yang cukup sering dilakukan seseorang dalam mencegah terjadinya kram otot ketika berenang.

Berikut ini merupakan gerakan Gastrocnemius stretch seperti berikut ini:

– Tekuk kaki depan kalian dan membuat kaki belakang lurus dengan tumit agar tetap menyetuh lantai.

– Berdiri menggunakan satu kaki didepan dan tempelkan kaki kalian di dinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *