Faktor dari penyebab naik turun berat badan

Menjaga dan mengatur berat badan agar bisa ideal adalah hal yang sangat diinginkan untuk semua orang. Akan tetapi, untuk bisa menjalankan hal tersebut bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Ada juga kondisi yang bisa terjadi di tubuh dimana berat badan naik turun secara cepat atau flukasi pada berat badan padahal kalian tidak melakukan banyak hal.

Bila kalian mempunyai kebiasaan dalam menimbang berat badan pada pagi hari, kalian mungkin saja bisa sadari terjadinya perubahan pada angka di hari sebelumnya. Dengan begitu, kalian juga bisa langsung mengetahui fluktuasi berat badan.

Kemungkinan kalian melakukan olahraga yang sebabkan penurunan berat badan atau mungkin kalian konsumsi makanan yang terlalu banyak sebelum tidur yang bisa tingkatkan berat badan. Namun masih ada alasan lainnya yang bisa membuat berat naik turun secara cepat. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi berat badan dengan cepat:

1. Kondisi kesehatan

Berat badan kalian akan bisa naik turun yang disebabkan dari kesehatan yang terganggu,contohnya seperti dikarenakan flu atau juga bisa terjadi dari kondisi kronis lainnya.

Selain itu, kondisi sindrom ovarium polikistik, sindrom cushing, dan tiroid juga bisa sebabkan naiknya berat badan yang tidak diduga. Penyakit Crohn dan diabetes juga bisa dikaitkan dengan turunnya berat badan yang tidak diduga.

2. Konsumsi alkohol

Alkohol merupakan minuman yang tidak dapat diproses dengan sama seperti minuman lainya, yang membutuhkan waktu yang cukup lama agar tubuh keluarkannya. Alkohol juga bisa perlambat proses percernaan dari zat yang lainya. Dengan begitu bisa membuat kadar air tertahan di dalam tubuh. Alkohol mempunyai kandungan kalori yang lebih tinggi. Kalian pasti akan kurang dalam memperhatikan asupan kalori yang masuk kedalam tubuh pada saat sedang menkonsumsi minuman beralkohol.

3. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan asupan garam

Makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat dan garam yang tinggi bisa sebabkan tubuh akan menahan dan menyimpan air. Hal tersebut akan bisa sebabkan berat badan menjadi naik dan bisa akan mereda pada saat tubuh telah selesai mencernanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *