Cara untuk mencegah asma yang kambuh

Pada biasanya asma dapat terjadi dimana saja dan kapanpun saja. Kalian tidak bisa tahu bahwa kapan asma bisa kambuh. Asma yang muncul secara tiba-tiba yang akan membuat kalian panik, hingga orang yang disekitar kalian juga. Namun kalian tidak perlu khawatir bahwa ada beberapa macam cara untuk bisa mencegah terjadinya asma yang muncul sebagai berikut ini:

1. Rutin minum obat sesuai resep

Kalian tetap harus membawa obat yang telah diresepkan oleh dokter pada saat kalian sedang diluar rumah untuk dapat mengatasi nya bila asma kambuh yang tidak bisa tebak kapan itu akan terjadi.

Selain dari pada itu kalian harus selalu rutin untuk konsumsi obat asma agar dapat mengontrol asma dan jangan coba untuk hentikan dosis yang telah di terapkan oleh dokter kepada kalian, walaupun gejala asma kalian telah mulai membaik.

2. Hindari pemicu asma

Asma yang kambuh bisa saja terjadi disebabkan oleh banyak hal. Dengan begitu kalian harus mengetahui bahwa apa saja yang bisa membuat asma kalian muncul kembali, agar kalian dapat menghindarinya.

Pada biasanya kalian perlu untuk menghindari seperti asap bahan kimia, debu, serbuk sari yang ada pada di pepohonan,serbuk kayu hingga asap rokok. Pada saat kalian terhirup hingga ke paru-paru, dengan begitu dapat memicu terjadinya asma yang kambuh.

3. Biasakan bernapas lewat hidung

Pada saat kalian melakukan olahraga ataupun aktivitas berat, tanpa kalian sadari mungkin kalian akan membuang dan menarik napas melalui mulut. Akan tetapi hal tersebut sebenarnya dapat memicu asma muncul.

Sebab mulut tidak mempunyai rongga sinus dan rambut yang bisa melembabkan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Udara dingin dan kering dapat masuk ke paru-paru akan bisa memicu penyempitannya pada saluran pernapasan yang dapat sulitkan kalian untuk bernapas dengan baik.

Biasakan untuk bernapas dari hidung, kalian bisa menjaga agar udara yang dihirup bisa tetap lembab dan hangat yang dapat mencegah asma yang muncul.

4. Gunakan peak flow meter

Peak flow meter merupakan alat yang digunakan untuk dapat melihat fungsi dan pergerakan paru-paru. Dengan alat yang satu ini cara untuk bisa dapat mencegah asma kambuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *