Bermacam manfaat dari konsumsi ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh kalian, selain dari ayam dan daging lainnya. Akan tetapi untuk masyarakat indonesia masih terbilang rendah pada hal konsumsi ikan, seperti pada masyarakat yang berada di pulau jawa. Di pulau jawa, masyarakat yang mengkonsumsi ikan yang baru 33 kilogram per kapita setiap tahunnya. sedangkan di kalimantan dan di sumatera konsumsi ikan hanya 33 sampai dengan 44 per kapita setiap tahunnya sedangkan pada indonesia bagian timur mengkonsumsi ikan mencapai 41 kg pertahunnya, seperti data yang ada pada kementerian kelautan dan perikanan. Sebenarnya, dengan mengkonsumsi ikan sangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang pada masa pertumbuhan.

Namun di indonesia kebanyakan penduduknya yang lebih memilih komsumsi ayam dan daging untuk sumber protein bagi tubuh dibandingkan dengan ikan. Sebenarnya ikan memiliki nutrisi yang sangat tinggi dibandingkan dengan ayam dan daging lainnya.

Berikut ini merupakan manfaat pada mengkonsumsi:

1. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Seperti yang disampaikan dari penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi ikan dengan cara dipanggang mempunyai sel otak yang lebih besar dan volume otak yang lebih besar pada bagian otak yang memiliki tugas untuk bagian belajar dan ingatan seseorang. Dengan begitu, para peneliti yakin bahwa orang yang mempunyai volume otak lebih besar mempunyai risiko penyakit alzaheimer yang rendah dan juga penurunan kognitif.

Hal tersebut berkaitan dengan substansi abu-abu yang ada pada otak, dimana bagian otak yang memiliki kandungan neuron yang bertanggung jawab atas penyimpanan ingatan dan memproses informasi.

2. Mengurangi risiko depresi

Ada sebagian penelitian sudah membuktikan bahwa komsumsi ikan bisa membantu untuk kurangi resiko depresi. Hal tersebut juga bisa dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada ikan. Para peneliti buktikan bahwa konsumsi ikan bisa membantu untuk tingkatkan efektivitas obat antidepresan, dari pada yang hanya konsumsi obat antidepresan.

Asam lemak omega 3 sendiri juga bisa bantu dalam mengatasi gangguan metal, contohnya seperti gangguan bipolar. Fungsi otak sendiri juga sangat membutuhkan nutrisi dari omega 3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *