Apakah boleh konsumsi kopi setelah olahraga?

Olahraga yang cukup menguras energi pada tubuh. Tidak akan heran lagi bila kalian akan bisa merasa letih dan lemas sesudah melakukan aktivitas fisik yang satu ini. Selain dengan konsumsi isotonik, mungkin ada beberapa orang yang ingin konsumsi secangkir kopi. Mengapa bisa seperti itu? Sudah tidak asing lagi bahwa kopi mempunyai sifat stimulan, yang bisa membuat kalian bisa lebih waspada. Akan tetapi, bolehkah kalian konsumsi kopi sesudah olahraga. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Setelah melakukan olahraga, sebagian orang ada yang sengaja untuk tidur, konsumsi minuman isotonik, dan makan agar bisa tingkatkan kembali stamina tubuh. Namun tidak jarang ada orang yang sengaja minum kopi agar bisa dapatkan manfaat yang serupa. Akan tetapi apakah boleh kalian minum kopi sesudah melakukan olahraga? dan apa saja efek yang akan muncul bagi tubuh kita?

Seperti yang dilansir dari Journal of Applied Physiology menyampaikan bahwa kopi bisa untuk membantu kalian lebih cepat dalam pulihkan kelelahan sesudah olahraga. Dari penelitian ini juga tunjukkan bila atlet yang konsumsi kafein bersamaan dengan karbohidrat akan mempunyai glikogen yang lebih besar hingga 66% dibandingkan dengan atlet yang hanya konsumsi karbohidrat.

Ketika sedang olahraga, tubuh kita akan menggunakan glukosa atau gula dalam darah sebagai sumber energi. Ketika glukosa telah habis, dengan begitu tubuh akan gunakan glikogen, yakni glukosa yang disimpan dalam otot sebagai cadangan energi. Bila kedua sumber energi tersebut telah habis, maka tubuh kita akan bisa menjadi lelah dan lemas.

Agar bisa kembalikan energi yang telah hilang, kalian diperlukan untuk konsumsi makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat. Namun, tubuh kalian perlu waktu dalam proses pembentukan karbohidrat menjadi energi bagi tubuh. Supaya bisa lebih cepat, kafein yang terdapat didalam kopi dapat membantu tingkatkan proses penyerapan pada karbohidrat jadi energi dan tingkatkan aktivitas enzim yang mempunyai peran pada pembentukan glikogen.

Walaupun konsumsi kopi sesudah olahraga diperbolehkan, namun kalian tidak boleh konsumsi kopi dengan sesuka hati. Minuman yang memiliki kandungan kafein atau kopi merupakan pelengkap saja. Kalian tetap akan membutuhkan makanan untuk sumber energi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *